Saturday, March 4, 2017

Rantai Sentrik / Timming Chain Sepeda Motor

Rantai sentrik ( Timming Chain )

Rantai sentrik berfungsi meneruskan tenaga putar dari poros engkol ke noken as.


Komponen rantai sentrik antara laian :

1.    Rol / bantalan
Berfungsi membantu tensioner menjaga kekencangan rantai sentrik.
Kerusakan yang sering terjadi rol / bantalan aus.
Akibat pada mesin akan timbul suara berisik atau kasar pada bagian rantai sentrik.

2.    Tensioner / setelan sentrik
Berfungsi menjaga kekencangan rantai sentrik.
Jenis-jenis tensioner berdasarkan cara kerjanya ada tiga jenis :





a.    Tipe penyetelan manual
Tipe ini memerlukan penyetelan secara berkala, yaitu dengan cara menekan batang penekan. Jika penyetelan kurang tepat maka akan mempengaruhi putaran mesin.

b.    Tipe penyetelan semi otomatis
Jika baut pengunci dilepas, batang penekan akan masuk ke dalam karena tekanan per, selanjutnya ketegangan per secara otomatis akan menyetel sendiri.

c.    Tipe penyetelan otomatis
Tensioner akan secara otomatis mendorong rol rantai timing jika rantai timing kendor. Tipe ini tidak perlu penyetelan berkala, hanya saat pemasangan rantai timing baru penekan harus dimasukan terlebih dahulu selanjutnya biarkan tensioner bekerja secara otomatis. Jika suatu saat rantai timing kendor dan menyebabkan suara kasar berarti rantai timing sudah saatnya diganti baru.

Semoga bermanfaat ya gan materi tentang rantai sentrik sepeda motor.

No comments:

Post a Comment