KOREK HARIAN BUAT DRAGBIKE
Korek harian sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh pemakai motor harian, bahkan jadi sebuah kebutuhan wajib bagi sebagaian kalangan khususnya penggemar kebut jalanan. Atas dasar itulah portal ini sengaja sajikan beberapa tips korek harian khusu buat motor 4 tak yang diaplikasi dari mesin dragbike namun dengan pertimbangan soal keamanan dan keawetan mesin pastinya agar tetap bisa dipakai untuk kegiatan ke sekolah, bekerja hingga touring bahkan kegiatan cornering yang akhir-akhir ini mulai ramai digemari.
piston dan head
menaikkan kompresi bisa pakai piston jenong atau cukup papas head
Cara pertama yang paling gampang dan sering dilakukan yakni menaikkan rasio kompresi pada ruang bakar. Bisa dengan mengganti piston dengan model dome alias jenong atau hanya papas permukaan head. Silahkan sampean pilih sendiri sesuai dengan kantong masing –masing. Justru yang paling krusial soal penentuan angka rasioa kompresi tadi. Untuk keperluan harian agar aman baiknya kompresinya taruh diangka 11-12 : 1 saja dengan estimasi harus minum bahan bakar pertamax.
Cara kedua menaikkan kapasitas mesin atau biasa disebut bore-up. Soal berapa volume silindernya tak ada batasan alias tergantung maunya sampeyan mau pakai cc berapa. Yang terpenting ya kembali soal kompresi jangan melebihi patokan tadi. Yang perlu diperhatikan lagi soal deck cleareance alias jarak tepi piston terhadap dinding kepala silinder atau biasa disebut ‘mendem’ piston. Untuk keperluan harian mendem piston tadi baiknya dipatok 0,8 – 1 mm, bila lebih kecil dari itu mesin rawan detonasi alias ngelitik.
Selanjutnya merevisi porting masuk-buang, cukup dihaluskan saja kulit jeruknya kira-kira sekitar 0,5 mm. Bisa pakai pisau korek (bor tuner), itu kalo sampeyan punya alatnya, nah kalo tidak bisa pakai ampelas saja. Silahkan digosok – gosok sampai halus mulai dari manifold alias leher angsa, lubang masuk lalu dilanjut ke lubang buang, biar proses masuknya bahan bakar dan keluarnya sisa pembakaran makin lancar jaya.
Lanjut ke noken as atawa kem, bisa ganti dengan merk aftermarket khusus buat korek harian yang banyak beredar dipasaran. Atau bisa juga modif noken bawaan motor ke bengkel yang sudah berpengalaman. Sekali lagi jangan lupa bilang ke mekanik suruh bikinin buat spek harian, bukan balap beneran bro. Hehe..sebab untuk harian durasi dan lift klep-nya nggak perlu ekstrem seperti pada mesin balap. Alasannya tentu saja soal tingkat keamanan dan durability mesin. Jangan lupa juga untuk ganti per klepnya dengan yang lebih keras. tidak perlu repot-repot beli yang mahal, tapi cukup beli per klep dari motor lain yang sudah jamak dipakai mekanik utuk korek harian, misal per klep Honda sonic atau Suzuki Smas yang konon katanya lebih keras dari motor harian lain.
Langkah berikutnya ganti knalpot dengan model freeflow, bisa juga pakai knalpot standart bobok. Yang ini paling sepele namun efeknya lumayan berasa bro pada kenaikan power motor. Silahkan deh pilih sendiri mau beli knalpot merk apa, sesuai dengan kangtaw masing-masing pastinya. Hehe..Terakhir ditutup dengan settingan karbu. Mau pakai karbu gede atau tetap pakai asli bawaan motor sah-sah saja, yang penting harus di jetting ulang spuyernya menyesuaiakan uabahan mesin tadi. Sekedar saran, baiknya setelan karbu tadi dibikin agak basah agar mesin lebih awet.
Salam Semangat...Mencoba...!
No comments:
Post a Comment