1. Torak ( Piston )
Piston berfungsi untuk mengkompresikan bahan bakar. Karena piston mengalami kerja dan beban yang sangat berat didalam silinder dan ruang bakar, maka pada pembuatan torak telah diperhitungkan secara baik bahan logam apa yang dipergunakan dan bentuk bagaimana dari torak itu sendiri, agar ia dapat mengatasi fungsinya didalam mesin.
Umumnya piston terbuat dari bahan aluminium paduan, yang mempunyai sifat-sifat :
- Ringan
- Penghantar panas yang baik
- Pemuaian kecil
- Tahan terhadap keausan akibat gesekan
- Kekuatan yang tinggi, terutama pada temperature tinggi
Bentuk dari kepala torak umumnya rata tetapi dengan adanya kebutuhan sehubungan dengan kompresi dan bentuk ruang bakarnya, maka torak pada sepeda motor dapat juga berbentuk :
- Cekung
- Cembung
- Kerucut
- Bentuk deflector ( tonjolan pengarah gas ), seperti umumnya pada motor 2 langkah, dengan maksud untuk membantu pemisahan antara gas baru dengan gas sisa pembakaran.
2. Pena torak ( Pin Piston )
Fungsinya adalah untuk mengikat torak terhadap batang torak, disamping itu bertugas juga sebagai pemindah tenaga dari torak ke batang torak agar gerak bolak-balik dari torak dapat dirubah nanti menjadi gerak putar pada poros engkol.
Walaupun ringan bentuknya, tetapi pena torak dibuat dari bahan paduan yang bermutu tinggi karena ia harus tahan terhadap beban yang sangat besar.
No comments:
Post a Comment